Selamat datang di kursus cara belajar. Nama saya Terry Sejnowski, dan izinkan saya memperkenalkan Anda kepada otak Anda. Otak kita adalah organ yang luar biasa dan kompleks, beratnya sekitar tiga pon tetapi mengkonsumsi energi sepuluh kali lebih banyak daripada bagian tubuh lainnya. Otak adalah perangkat paling kompleks di alam semesta yang diketahui, mengandung semua pikiran, harapan, dan ketakutan kita.

Otak dan Pembelajaran

Otak kita memiliki kemampuan yang luar biasa untuk belajar dan berkembang. Ini adalah hasil dari jutaan tahun evolusi, yang memungkinkan kita menavigasi lingkungan yang kompleks dan beradaptasi dengan berbagai situasi. Sebagian besar proses ini terjadi di bawah tingkat kesadaran kita, artinya kita tidak selalu menyadari bagaimana otak kita bekerja.

Psikolog yang mempelajari pikiran bawah sadar telah menemukan bahwa banyak proses berpikir, memori, emosi, dan motivasi terjadi tanpa kita sadari. Oleh karena itu, untuk memahami otak, kita perlu menggunakan teknik pencitraan otak yang canggih. Misalnya, ketika seseorang berbaring diam dalam pemindai pencitraan otak, kita dapat melihat peta aktivitas otak mereka.

Mode Default Otak

Dalam keadaan istirahat, ada area di otak yang disebut jaringan mode default yang sangat aktif. Area ini lebih aktif ketika kita beristirahat dibandingkan ketika kita berinteraksi dengan dunia. Penelitian ini masih baru dan sedang berkembang, tetapi penting untuk memahami bagaimana berbagai area otak bekerja dalam berbagai keadaan.

Pembentukan dan Pemeliharaan Memori

Ada sekitar satu juta miliar sinapsis di otak kita, tempat ingatan disimpan. Pandangan lama mengatakan bahwa setelah otak matang, pola konektivitasnya tidak banyak berubah kecuali ada kerusakan. Namun, kita sekarang tahu bahwa konektivitas otak tetap dinamis bahkan setelah otak matang. Dengan teknik pencitraan optik baru, kita dapat melihat bahwa sinapsis terus berubah, dengan yang baru terbentuk dan yang lama menghilang.

Ini menimbulkan pertanyaan: bagaimana ingatan tetap stabil selama bertahun-tahun di tengah begitu banyak perubahan? Dengan pencitraan koneksi sinapsis, kita dapat melihat bahwa pembelajaran mengubah struktur otak. Setelah tidur, beberapa sinapsis baru terbentuk, menunjukkan bahwa tidur adalah saat penting untuk memperkuat memori dan belajar.

Tidur dan Pembelajaran

Shakespeare telah mengamati pentingnya tidur dalam memproses pengalaman sehari-hari dan memperbaiki pikiran yang terluka. Tidur membantu kita merajut kembali benang-benang longgar dari pengalaman kita dan menjadikannya bagian dari kisah hidup kita. Tidur tidak hanya memperbaiki otak kita tetapi juga meningkatkan kemampuan belajar kita.

Kesimpulan

Anda akan belajar selama minggu pertama kursus ini bagaimana memanfaatkan pikiran bawah sadar dan tidur untuk mempermudah mempelajari hal-hal baru dan memecahkan masalah. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang otak Anda, situs web brainfacts.org adalah sumber yang sangat baik untuk memahami lebih banyak tentang otak dan perilaku, khususnya tentang pembelajaran dan memori.

Saya, Terry Sejnowski, mengucapkan selamat belajar. Sampai kita bertemu lagi!

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar

Luncurkan toko Anda hanya dalam 4 detik dengan 
 
Top